Webinar Sukses Mengungkap Relasi Antara Parpol dan Organisasi Keagamaan dalam Persiapan Pemilu 2024 yang Berkualitas

oleh -631 Dilihat

 

 

 

Baturaja, 23 Oktober 2023

SIGAP86.COM – Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Baturaja telah sukses menggelar webinar dengan tema “Relasi Antara Parpol dan Organisasi Keagamaan dalam Mewujudkan Pemilu 2024 yang Berkualitas dan Bermartabat.” Acara ini diadakan melalui aplikasi Zoom Meeting pada hari Senin, 23 Oktober 2023, dan dihadiri oleh peserta dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum.

 

Pada webinar tersebut, dua pemateri utama yang berkompeten dalam bidangnya telah memberikan wawasan yang berharga. Ikang Putra Anggara, M. Si, Kepala Laboratorium Politik Lokal dan Otonomi Daerah sekaligus Dosen Program Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Baturaja, serta Jaka Irhamka, S.H., Anggota KPU Ogan Komering Ulu, membagikan pengetahuan mereka tentang relasi antara partai politik dan organisasi keagamaan dalam konteks Pemilu tahun 2024.

Baca Juga :  Bupati OKU Timur H.Lanosin Hamzah.ST Menghadiri Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Padepokan PSHT

 

Yahnu Wiguno Sanyoto, M.I.P., yang mewakili Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unbara, menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman dan wawasan peserta mengenai pentingnya hubungan yang sinergis antara partai politik dan organisasi keagamaan. Ini diperlukan untuk menjaga integritas dan kualitas Pemilu 2024 di Kabupaten OKU, mengingat beragamnya lembaga keagamaan yang ada di wilayah tersebut.

 

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi wadah untuk berbagi informasi dan pengalaman, serta memperkenalkan Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Baturaja kepada masyarakat luas.

Baca Juga :  Iklan / Ucapan

 

Ikang Putra Anggara menjelaskan bahwa partai politik dan organisasi kemasyarakatan/keagamaan memiliki kesamaan dalam prinsip-prinsip dasar, seperti tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945, menjaga persatuan NKRI, dan sebagai sarana pendidikan dan pengembangan anggota. Organisasi keagamaan dapat mencapai masyarakat lebih luas dan mengumpulkan aspirasi mereka melalui diskusi dan konsultasi publik.

 

Jaka Irhamka S.H. menjelaskan peran penting Pemilu sebagai sarana kedaulatan rakyat dalam memilih wakil mereka di lembaga legislatif dan eksekutif. Pada konteks relasi antara partai politik dan organisasi keagamaan dalam Pemilu 2024, hal ini memiliki dampak besar terhadap jalannya pemerintahan dalam sistem demokrasi, termasuk di Kabupaten OKU.

Baca Juga :  Bahas Tiga Hal Penting, Jelang Akhir Tahun KONI Kabupaten OKU Gelar Rapat Ke Pengurusan.

 

Kegiatan webinar ini menjadi forum edukasi yang berharga bagi mahasiswa Ilmu Pemerintahan dan masyarakat umum, meningkatkan pemahaman kepemiluan, dan diharapkan dapat menghasilkan perubahan positif dalam sistem pemerintahan di masa depan. Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Baturaja berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan serupa demi kemajuan pemahaman dan partisipasi masyarakat dalam proses Pemilu. (Jim)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.