Way Kanan – Tambang emas ilegal yang terletak di Dusun Suban, Kampung Negeri Batin, Kecamatan Umpu Semenguk, Kabupaten Way Kanan.

oleh -1033 Dilihat

Dimana di lokasi tersebut terdapat 20 mesin yang beroperasi, untuk mengetahui siapa saja pemilik mesin atau pemodal yang terlibat dalam pengelolaan tambang emas ilegal di Waykanan Tim Ikatan Wartawan Online (IWO) Waykanan mencoba kembali menemui pemilik mesin atau pemodal yang enggan namanya disebutkan atas dasar pertimbangan tertentu yang ber inisal I (50) mengatakan, untuk pemilik mesin TI setau saya tidak ada orang dari luar daerah Waykanan rata-rata pemilik mesin asli tinggal di Waykanan, Selasa (26/1/2020).

Sedangkan siapa-siapa saja yang terlibat dalam penyediaan mesin TI, itu siapa saja bisa asal memiliki modal yang lumayan besar, dan memiliki lahan yang akan ditambang.

Baca Juga :  PJ Bupati OKU H.Teddy Meilwansyah Hadir Musrenbang Kecamatan Muara Jaya.

“Untuk pekerja tambang atau karyawannya sendiri dalam satu kelompok biasanya paling minim lima orang, sedangkan pekerja yang terlibat dalam pekerjaan tambang ini bisa lebih dari seratus orang dikarenakan pekerja atau karyawan itu bisa dilihat dari berapa banyak mesin TI yang beroperasi. Jadi kita gak bisa mastikan berapa banyak pekerjanya,” ungkapnya.

Untuk pekerja atau karyawan ada yang dari Waykanan, luar Waykanan dan ada yang dari pulau Jawa, lanjutnya. “Kalau berbicara soal hasil itu tidak menentu, contohnya saja kita ambil rata-rata dalam satu hari 3 gram dikali 25 hari jadi totalnya dalam satu bulan 75 gram dan dijual kepada kami 350 sampai 400 ribu per grmnya ini hanya contoh saja pak. Ada yang kurang dari sini dan ada yang lebih dari sini. 

Baca Juga :  Bupati Bekasi Meninggal Dunia Positif Covid-19

Sedangkan untuk kadar emas nya sendiri bermacam-macam tergantung tekstur tanah dan juga lokasinya, beda tekstur tanah dan lokasi beda pula kadarnya. Contohnya kalau di daerah Gisting, 50 sampai 55%, Betih-betih 68-70%, dan Tahmi rata-rata 70% pak.

“Untuk masalah ada atau tidaknya korban jiwa dalam pekerjaan tambang emas ini. Tentu setiap pekerjaan pasti ada resikonya pak, soal itu saya tidak dapat menjawabnya,” tutupnya. 

Diketehaui diberitakan sebelumnya aktivitas tambang emas ilegal makin marak di Kabupaten Way Kanan, yang mana dari hasil pennyelusuran Tim IWO di salah satu lokasi tambang emas ilegal tepatnya Dusun Suban, Kampung Negeri Bantin, Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung. Didapati puluhan penambang emas ilegal sedang melakukan aktivitas penambang di pinggir aliran Sungai Way Umpu. Dimana terlihat para penambang sedang bekerja mengeruk tanah dan bebatuan untuk mencari logam mulia. (Tim)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.