UPTD PUSKESMAS SEKARJAYA LAKUKAN FOGGING DI RT 22 DAN RT 23

oleh -1080 Dilihat

BATURAJA OKU, SIGAP86.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten OKU mengambil tindakan Fogging Sebagai langkah antisipasi meluasnya penyakit Demam Berdarah ( DBD ) di wilayah Kelurahan Sekarjaya Kec.Baturaja Timur Kab.OKU.Rabu 05 July 2023.

Dengan adanya warga kelurahan sekarjaya yang positif terjangkit demam berdarah (DBD) Dinkes OKU Melalui UPTD Puskesmas Sekarjaya Rabu petang sekira pukul 17,00 Wib melakukan fogging di sejumlah titik di Kelurahan Sekarjaya Kecamatan Baturaja Timur,salah satu nya di RT 22 kelurahan sekarjaya.

Selain itu juga PLT Kepala Puskesmas Sekarjaya Ansori SKm.MKm, didampingi Lurah Sekarjaya Eldaniati SSTP, Bhabinkamtibmas sekarjaya AIPDA Abdillah Iqbal, S.I.Kom, serta Babinsa Serka Casno,Ketua RW 03 Subri Busri cepat tanggap melakukan Pogging di RT 23 RW 03 kelurahan sekarjaya Baturaja Timur Kabupaten OKU.

Baca Juga :  Ungkap Kasus Pembunuhan Sadis Di Kedaton Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni, S.I.K., M.H Pimpin Rilis Pres.

Saat melaksanakan kegiatan PLT kepala Puskesmas Sekarjaya Ansori pun turut serta melakukan fogging Di RT 23 yang dilakukan sebagai upaya pemutusan penyebaran penyakit DBD di masyarakat.

“Kami dari puskesmas mewakili Dinkes telah menurunkan tim untuk melakukan survei di sekitar rumah warga yang terkena DBD, ternyata di lokasi banyak terjadi genangan air sehingga kami beri tindakan pertama yakni abate, dan hari ini kita lakukan fogging,” ujar Ansori.

Selain itu, PLT Ansori,Lurah sekarjaya Eldaniati juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga perilaku kebersihan diri, lingkungan dan tempat penampungan air. Sebab, dilingkungan yang kotor dan banyak genangan air, merupakan tempat yang baik bagi nyamuk untuk bersarang dan berkembang biak.

Baca Juga :  Waka Polsek Baturaja Timur Polres OKU Hadiri Undangan Halal Bi Halal Arsan Arifa'i Kepala Desa Air Paoh

“Untuk itu hari ini kita lakukan fogging di 2 titik dikelurahan sekarjaya sebagai upaya pencegahan meluasnya penyebaran DBD. Kita juga beberapa hari lalu telah membagikan Abate kemasyarakat sebagai langkah pencegahan dini yang dapat di masukkan ke tempat penampungan air,” lanjutnya.

Selain memberi ke warga secara langsung, beber Ansori, pihaknya juga telah memberikan stok Abate kepada Para RT di kelurahan Sekarjaya. Dengan harapan Abate tersebut dapat di bagikan kesetiap warga melalui ketua RT.

“Jadi yang belum dapat Abate, bisa minta kepada Ketua RT nya masing – masing atau bisa langsung datang ke puskesmas sekarjaya,” himbaunya.

Dikonfirmasi mengenai jumlah warga kelurahan Sekarjaya yang terkena DBD, Ansori dan Eldaniati menuturkan hingga tanggal 3 Juli 2023 kemarin, pihaknya mencatat ada 2 warga yang terkena DBD. Saat ini keduanya tengah di rawat di rumah sakit untuk penyembuhan.

Baca Juga :  Kegiatan Silaturahmi Kapolres OKU Dengan Pimpinan Daerah Muhammaddiyah Kab. OKU 

Kedua warga yang positif terkena DBD tersebut yaitu warga RT 22 dan warga RT 23 Kelurahan Sekarjaya.

“Ya benar, ada 2 warga saya yang terkena DBD. Nah menyikapi hal ini, kita telah menghimbau kepada setiap RT untuk dapat melakukan pembersihan lingkungan di RT nya masing – masing. Kita sudah sebarkan surat edaran untuk melakukan gotong royong di setiap RT,” pungkas Eldaniati. ( J )

Editor Tanzimi

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.