Tujuh Personel Polres Oku Langgar Gaktiplin Hingga Lakukan Test Urine

oleh -1239 Dilihat

BATURAJA OKU SUMSEL 

 

SIGAP86.COM – PROPAM Polres Oku telah melaksanakan operasi penegakan dan penertiban disiplin (Gaktibplin) terhadap tujuh personel Polres Oku setelah melaksanakan Apel Pagi di Lapangan Mapolres Oku pada Rabu (27/09/2023) pagi.

 

Tujuh personel Polres Oku ditemukan melanggar peraturan terkait Kartu Tanda Anggota (KTA) yang masih ditandatangani oleh pejabat lama dan memiliki rambut panjang. Selain itu, ketujuh personel tersebut juga menjalani tes urine.

 

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan perintah lisan dari Kadivpropam pada video conference Divpropam Polri pada hari Selasa, tanggal 26 September 2023, yang memerintahkan kepada seluruh Kabid Propam Polda jajaran dan Kasi Propam Polres jajaran untuk melakukan Gaktibplin secara serentak pada hari Rabu, tanggal 27 September 2023.

Baca Juga :  Relawan YPN Berkunjung Dipanti Asuhan Atau Lansia As-Saniyah OKU.

 

Kegiatan Gaktibplin ini dipimpin oleh Kapolres Oku Akbp Arif Harsono, S.I.K., M.H., serta dihadiri oleh Waka Polres Oku Kompol Farida Aprillah, Pju Polres Oku, Kasi Propam Polres Oku Akp Hendri Hardi, serta personel Sipropam dan sidokkes Polres Oku.

 

Sasaran operasi Gaktibplin mencakup segala aspek, mulai dari peralatan dan atribut yang digunakan oleh anggota Polri dalam menjalankan tugas sehari-hari (Gampol), hingga pelanggaran seperti pemakaian perhiasan berlebihan saat berpakaian dinas, ketidakpatuhan terhadap jam kerja, ketiadaan surat kelengkapan diri, serta pelanggaran dalam penggunaan seragam polisi, atribut, dan kelengkapan. Serta pelanggaran terkait sikap tampang/ performance dan ketidakbawaan kelengkapan ranmor serta surat izin senjata api inventaris dinas yang dipinjam.

Baca Juga :  Dendi Romadhona Pimpin Rakor Pengurus Karang Taruna 15 Kabupaten

 

“Kapolres Oku Akbp Arif Harsono, S.I.K., M.H., melalui Kasi Propam Polres Oku Akp Hendri Hardi menyatakan bahwa operasi Gaktiplin ini bertujuan untuk memastikan disiplin anggota Polres Oku dan mencegah pelanggaran baik dalam aspek disiplin maupun kode etik profesi Polri.

 

Sasaran Gaktibplin mencakup sikap tampang, keteraturan seragam, penggunaan atribut kepolisian yang benar, serta kelengkapan surat identitas seperti kartu anggota, SIM, STNK, dan KTP.

 

Selama operasi ini, personel Si Propam juga memeriksa surat izin bagi anggota yang memiliki senjata api (senpi) dan melakukan tes urine. Hasilnya, seluruh personel dinyatakan negatif terhadap narkoba.

Baca Juga :  Hadiri Pengukuhan Pengurus PORDI OKU, Ketua Kormi OKU Yenni Elita S.Pd.,MM Adalah Ajang Silaturrahim

 

Bagi anggota yang terbukti melanggar, mereka akan dikenakan sanksi berupa pembuatan berita acara pemeriksaan singkat (bukti pelanggaran/ tilang) dan melakukan push up sebanyak 20 kali.

 

Dengan pelaksanaan operasi Gaktibplin ini, diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan dan kesadaran anggota dalam memberikan pelayanan kepada warga masyarakat,” ujar Kasi Propam. (Jim)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.