Skandal Pungutan Berkedok Study Tour. Kepsek SD OKU Merasa Dipaksa

oleh -953 Dilihat

Baturaja, Ogan Komering Ulu

SIGAP86.COM – Sejumlah Kepala Sekolah (Kepsek) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) saat ini ‘menjerit’ lantaran terpaksa harus mengikuti program study tour ke Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, selama 5 hari dari tanggal 2 hingga 7 September 2023.

 

Salah satu Kepsek, yang ingin tetap anonim, dengan tegas menyatakan bahwa program ini tidak tepat dan terkesan memaksa. Menurutnya, program ini sangat memberatkan mereka, terutama karena tengah berfokus pada Ulangan yang masih dalam pengawasan sekolah.

Baca Juga :  Bupati Dan Wakil Bupati OKU Selatan Virtual Bersama Presiden Joko Widodo Terkait Hasil Pilkada Serentak 2020

 

Namun, bukan hanya program yang menjadi sorotan, Dinas Pendidikan OKU juga mendapat kritik tajam. Kepsek-karyawan ini merasa terbebani dengan biaya sebesar Rp.3.800.000,- (3,8 juta) per orang untuk study tour, dengan sekitar 130 Kepsek SDN yang terlibat. Biaya tersebut dianggap terlalu tinggi.

 

Menyedihkan, program Study Tour ini menggunakan jasa agen travel wisata yang dikoordinatori oleh salah satu mantan pegawai Dinas Pendidikan OKU, menciptakan konflik kepentingan yang mengkhawatirkan.

 

Ketua DPD LSM Wadah Generasi Anak Bangsa (LSM WGAB), D. Erwin Susanto, mengangkat isu ini dan mengkritik pelaksanaan program Study Tour yang berlangsung selama hari kerja. Ia menyatakan bahwa hal ini mencurigakan dan menimbulkan pertanyaan besar terkait pelanggaran etika.

Baca Juga :  Hendak Mencuri Didaerah Jln.Cor Batu Kuning 2 Pelaku Pencurian Berhasil Diamankan

 

“Sangat disarankan agar program Study Tour seperti ini dilakukan saat cuti tahunan agar tidak mengganggu aktivitas sekolah. Jika ini memang program resmi dinas, seharusnya dianggarkan oleh Dinas Pendidikan OKU dan tidak membebani Kepala Sekolah,” ungkap Erwin.

 

Meski demikian, Kepala Dinas Pendidikan OKU tidak bisa dihubungi saat ini, karena sedang berada dalam dinas luar. Kasus ini terus menjadi sorotan dan menimbulkan pertanyaan serius terkait transparansi dan kebijakan pendidikan di Kabupaten OKU. (*)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.