Remaja di OKU Ditangkap Setelah Mencuri Uang Puluhan Jutaan dan Perhiasan di Warung Tetangga

oleh -582 Dilihat

 

SIGAP86.COM – Tim Resmob Singa Ogan kembali menunjukkan keberhasilannya dalam menangkap pelaku kejahatan di wilayah hukum Polres OKU.

 

Pada kali ini, Tim Resmob Singa Ogan di bawah pimpinan Kanit Pidum IPDA Omi FSE telah berhasil menangkap Hernandes Okinda (21 tahun), seorang penduduk yang tinggal di Jln Let Tukiran RT10/RW03, Kelurahan Talang Jawa, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten OKU.

 

Hernandes Okinda adalah pelaku yang berhasil memasuki sebuah warung di Kelurahan Talang Jawa, Kecamatan Baturaja Barat.

Hernandes okinda,pelaku tindak kriminal 

 

 

Tim Resmob Singa Ogan berhasil menangkap pelaku pada malam Senin, 2 Oktober 2023, di Hotel Ogan Hall. Selama penangkapan tersebut, petugas juga berhasil menyita sejumlah barang bukti yang terkait dengan pencurian yang dilakukan oleh Hernandes, termasuk perhiasan emas dan sejumlah uang tunai.

Baca Juga :  Kepala SMPN 1 OKU Syaihon SPd MM Memantau Ujian Siswa'i PSAS..

 

Kapolres OKU, AKBP Arif Harsono, yang diwakili oleh Kanit Pidum IPDA Omi FSE, mengungkapkan bahwa penangkapan Hernandes dilakukan berdasarkan laporan korban kepada Polsek Baturaja Barat dengan nomor laporan LP/B/22/IX/2023/SPKT/SEK BTA BARAT/POLRES OKU/POLDA SUMSEL.

 

“Setelah menerima laporan tersebut, Tim Resmob Singa Ogan segera melakukan penyelidikan untuk menentukan keberadaan pelaku, yang akhirnya ditemukan tengah menginap di Hotel Ogan Hall. Tim bergerak cepat dan berhasil menangkap tersangka tanpa perlawanan,” ungkap IPDA Omi.

 

IPDA Omi menjelaskan bahwa kejadian pencurian ini terjadi pada tanggal 27 September 2023, ketika terjadi pemadaman listrik. Pelaku memanfaatkan situasi tersebut dengan menyusup ke dalam warung korban dan berpura-pura akan berbelanja. Kejadian ini menjadi semakin mencolok karena rumah tersangka dan korban bersebelahan.

 

“Saat korban sedang sibuk dengan barang dagangannya, tersangka menyelinap masuk ke dalam warung dalam kegelapan. Setelah korban menutup warungnya, tersangka mulai beraksi dengan membuka laci lemari korban dan mengambil uang sejumlah Rp 2,6 juta dari laci penjualan korban,” jelas Kanit Pidum.

Baca Juga :  Bangga OKU Timur Jadi Tuan Rumah STQH ke-26, Enos: Alhamdulillah Pelaksanaan Aman dan Lancar.

 

Tindakan pencurian tersebut tidak berhenti di situ, karena tersangka juga mengambil uang tunai sebesar Rp 200 ribu dari dompet warna krem dan Rp 200 ribu dari dompet warna merah marun.

 

Lebih lanjut, tersangka juga membuka lemari yang bersebelahan dengan lemari pertama dan berhasil mengambil uang senilai Rp 30 juta dalam dompet warna pink hijau yang berada dalam kantong plastik warna hitam.

 

“Tersangka juga mengambil uang tunai sebesar Rp 30 juta yang berada dalam dompet warna putih dalam kantong plastik warna hitam. Selain itu, dia juga mengambil 8 suku emas milik korban, 1 paket rokok Surya 16, 1 paket rokok Djie Sam Soe Refill, 1 paket rokok Djie Sam kretek biasa, dan 1 paket rokok Sampoerna Mild 16. Setelahnya, tersangka kabur melalui pintu depan warung,” lanjutnya.

Baca Juga :  Resmi Sandang Gelar Magister Bupati OKU Timur, H LanosinTeknik dari Program Pascasarjana S2 Universitas Bina Darma Palembang.

 

Setelah berhasil ditangkap, Hernandes Okinda dibawa ke Polres OKU untuk menjalani proses hukum lebih lanjut. Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, termasuk uang tunai sebesar Rp 35 juta dan 8 suku emas.

 

“Untuk uang tunai, sebagian besar telah habis digunakan oleh tersangka. Sementara itu, emas masih utuh. Saat ini, tersangka telah kita amankan di sel tahanan Polres OKU. Atas kasus ini, tersangka akan dijerat dengan pasal 363 KUHP Pidana,” pungkasnya. ( * )

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.