PJ Sekda OKU Darmawan Irianto Ajak Masyarakat Junjung Tinggi Dan Aktualisasikan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari

oleh -775 Dilihat

Baturaja OKU,sigap86.com – Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) OKU Darmawan Irianto S.Sos.MM,mengajak seluruh masyarakat khususnya ASN dilingkungan Pemkab OKU untuk menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Pancasila serta mengimplementasikan dalam kehidupan dan menjalan tugas sehari-hari.

Hal itu dikatakan Pj Sekda OKU usai memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Bupati OKU, Kamis (1/6/2023). Dalam upacara itu dihadiri Wakil ketua DPRD OKU Yoni Risdianto, kasdim 0403 OKU Mayor Czi Agus Supriadi,Wakapolres OKU Kompol Farida Apriliah SH dan tamu undangan lainnya.

“Kita harus menjunjung tingi nilai-nilai luhur pancasila, implementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” Kata Darmawan.l

Dalam sambutannya, Darmawan yang membacakan sambutan tertulis, Presiden Jokowi Dodo menyampaikan keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan yang maha Esa untuk Bangsa Indonesia. “Pengamalan nilai-nilai pancasila ‘merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun Bangsa dan Negara yang lebih baik,” ucapnya.

Baca Juga :  Bupati OKU Selatan Popo Ali Mengajak Masyarakat Lebih Peka Terhadap Lingkungan

Nilai-nilai pancasila lanjut Darmawan dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati. Berkat pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah dirajut dalam identitas Nasional Bhinneka Tunggal Ika.

“Hari lahir pancasila setiap tanggal 1 juni, memiliki makna bagi rakyat dan Bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi pancasila sebagai dasar Negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam Kehidupan sehari-hari. Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai – nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati Bangsa Indonesia,” imbuhnya

Baca Juga :  Unit Reskrim PPA Polres Oku Tangkap Warga Desa Tanjung Dalam

Dalam Kesempatan itu juga Darmawan menyampaikan bahwa tahun depan Bangsa Indonesia akan menghadapi pesta Demokrasi serentak melalui penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024. Untuk itu ia mengajak seluruh komponen Bangsa untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur, aman, dan damai.

“Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Jiwa dan roh Pancasila harus diaktualisasikan dalam cara berpikir, bertindak, dan berelasi setiap individu manusia indonesia sehingga akan terwujud nilai kemanusian dan solidaritas Bangsa kita,” ujarnya.

Baca Juga :  Keseruan Gerakan Pemuda Cinta Masjid Relawan YPN Bagikan Takjil Dan Sembako Jelang Buka Puasa

Dalam sambutan tertulis itu, Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para founding fathers atas warisan luhur Pancasila yang kita nikmati sampai saat ini.ia juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh generasi penerus Bangsa yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara.

“Mari bersama-sama kita mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian kita. Semoga melalui peringatan hari lahir Pancasila tanggal 1 juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang,”Tandasnya. (Tim)

Editor Tanzimi Jimy

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.