Peringati Hari Air Sedunia KPSD OKUS Ajak Warga Bersih Sungai Dan Tanam Pohon Unggul Dan Produktif.

oleh -1075 Dilihat

Muaradua, sigap 86.com- Dalam rangka memperingati hari air sedunia yang jatuh pada Tanggal 22 Maret 2023, Komunitas Peduli Sungai dan Danau Ogan Komering Ulu Selatan (KPSD OKUS) menggagas kegiatan aksi bersih sungai dan penanaman pohon unggul dan produktif bersama instansi terkait dan warga setempat, di lokasi rencana pembangunan kawasan Ekowisata Way Gugur Lingkungan Tangsi Bawah Kelurahan Bumi Agung, Kecamatan Muaradua, Kabupaten OKU Selatan, Minggu (12/3/2023).

Hardianto Ketua KPSD OKUS menyampaikan, giat ini sengaja digelar menyikapi cuaca ekstrem yang terus terjadi, pembabatan hutan secara masif, serta banyak sekali ditemukan tumpukan sampah di sekitar aliran sungai Komering, sehingga perlu dilakukan aksi nyata. Terlebih lagi baru-baru ini terjadi bencana banjir di Desa Sidorahayu Kec Buay Pemaca Kab OKUS.

Baca Juga :  Hasil Dari Pengembangan Penyidik Perkara Satu ( 1 ) Pengedar Sabu Kembali Di Ciduk Satresnarkoba Polres OKU

“Pemilihan lokasi aksi bersih sungai dan penanaman pohon ini di lokasi rencana pembangunan kawasan ekowisata, mengingat Way Gugur merupakan wisata air yang berpotensi dan memiliki akses mudah karena berada di dalam Kota Muaradua,” Tambahnya.

Mewakili pihak Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII (BBWSS VIII), Ricky Ardiansyah mengapresiasi dan sangat mendukung apa yang dilakukan oleh KPSD OKUS bersama Pemerintah Kabupaten dan Masyarakat, dalam kesempatan ini BBWSS VIII menyerahkan secara langsung bantuan bibit pohon.

Kabid Pengendalian DLH OKUS, Joko Mulyanto mengucapkan “terima kasih kepada KPSD OKUS telah melaksanakan kegiatan yang memberi dampak positif kepada masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga :  Polres OKU Gelar Apel Kesiapan Personel Dalam Rangka Pengamanan TPS Wilayah Kab OKU.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolsek Muaradua Bastari mengungkapkan, aksi bersih dan penanaman pohon ini selain membuat lingkungan menjadi bersih, juga diharapkan agar terhindar dari bencana alam seperti banjir longsor dan lainnya. Semoga OKU Selatan menjadi lingkungan yang bersih dan udara lingkungannya segar,” jelasnya.

Di tempat terpisah Endah Kartika Sari selaku Ketua Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Baturaja, mengatakan penanaman pohon juga memiliki nilai edukasi, agar warga peduli dan terus melakukannya. “Aksi ini sudah sangat baik, ini akan memberi contoh baik kepada masyarakat, semoga aksi ini berkelanjutan serta mampu meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar,”Pungkasnya.

Baca Juga :  Pj Bupati Kabupaten OKU H.Tddy Meilwansyah Terima Audiensi Ormas Markas Cabang LMP Kab OKU.

Giat ini dihadiri oleh 100 orang peserta partisipatif mulai dari DLH, DISKOMINFO-KIM, Dinas PUPR, Diskanak, BPBD, DISPARBUD, KPH Wilayah VII Mekakau-Saka, Camat Muaradua, Kapolsek, Pabung, Lurah Bumi Agung, Kades Pelangki, Teknik Lingkungan Unbara, STIT Darul Huda Muaradua, Anggota DPRD. Serta beberapa organisasi, Atlas Indonesia, Senkom Mitra Polri, Intelektual Jalanan, Kampung Wisata Bendi, KPA Papa Muda, KPA SAR, Eco Tourism, PPA Sedara, LMPI, DPK KNPI Muaradua.
(Edi/Red)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.