Pengamanan Sukses. Aksi Damai Kelompok Ex KUD Minanga Ogan dan Relawan Anti Mafia Tanah di OKU

oleh -1006 Dilihat

Baturaja, 18 Oktober 2023

SIGAP86.COM – Personel Polres Oku gabungan telah sukses melaksanakan pengamanan aksi damai yang diselenggarakan oleh Kelompok gabungan Ex KUD Minanga Ogan dan Relawan Anti Mafia Tanah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Aksi damai ini berlangsung di Kantor BPN Kabupaten OKU dan Kantor Kejaksaan Negeri OKU pada Rabu, 18 Oktober 2023, sekitar pukul 08.00 WIB.

 

Kegiatan pengamanan gabungan ini dipimpin oleh Kabag Ops Polres Oku, Kompol Liswan Nurhapis, bersama lebih kurang 98 personil dari Polres OKU dan Polsek Baturaja Timur, serta didukung oleh 30 Personel Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) OKU.

Baca Juga :  Upah Dibayar Tidak Sesuai UMP, Pekerja PT. BDRI Anak Perusahaan PT. SMBR Menuntut Keadil Dan Perlindungan Ke DPRD OKU

 

Dalam aksi damai ini, terdapat sekitar 100 orang massa yang berasal dari kelompok masyarakat Ex KUD Minanga Ogan dan Relawan Anti Mafia Tanah Kabupaten OKU. Mereka membawa berbagai alat peraga, termasuk mobil komando, bendera, spanduk, dan sound system. Aksi tersebut dipimpin oleh Subianto (Korak), Asrul Edi (Korlap), dan Robet Jery Turnando SH (Korlap).

 

Aksi damai dimulai pukul 09.00 WIB di depan Kantor BPN Kabupaten OKU dan mendapat sambutan dari Ketua BPN Kabupaten OKU, ROSIDI, A.Ptnh.,S.H.,M.H. Selanjutnya, massa aksi menyampaikan orasi dan tuntutan mereka.

Baca Juga :  DPW IWO-I SUMSEL Beserta Jajaranya Berikan Ucapan Papan Bunga Pada Acara Puncak HPN di Ancol Mendatang.

 

Meskipun sempat terjadi adu mulut dan dorongan antara massa aksi dan petugas keamanan, situasi dapat segera diredakan oleh Personel Pengamanan.

 

Pukul 09.50 WIB, aksi damai dilanjutkan ke Kantor Kejaksaan Negeri OKU dan disambut langsung oleh Kajari OKU.

 

Aksi damai ini diselenggarakan sebagai respons terhadap isu praktik mafia tanah yang terkait dengan Perkebunan Kelapa Sawit KUD Minanga Ogan dan Badan Pertanahan Kabupaten OKU. Lahan seluas kurang lebih 200 hektar milik Robert cs yang kini dikuasai oleh KUD Minanga Ogan telah menjadi fokus perjuangan hukum sejak tahun 2019 hingga 2023. Hingga saat ini, eksekusi lahan tersebut belum dilaksanakan.

Baca Juga :  Gelar Reses di Kec.Negeri Agung, Anggota DPRD Way Kanan Serap Aspirasi Masyarakat

 

Robet Siswanto telah mengajukan pengaduan bahwa meskipun keputusan hukum dalam tingkat Peninjauan Kembali (PK) telah dimenangkannya, surat keputusan tersebut belum direalisasikan oleh pihak BPN OKU.

 

Pengamanan aksi damai dari Kelompok gabungan Ex KUD Minanga Ogan dan Relawan Anti Mafia Tanah Kabupaten OKU di Kantor BPN Kabupaten OKU dan Kantor Kejaksaan Negeri OKU berjalan dengan aman dan kondusif.

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.