Pemerintah Pemprov Sumsel Dan Pemkab OKU Bantu Korban Badai Hujan Angin Puting Beliung

oleh -959 Dilihat

Baturaja,sigap86.com-
Angin kencang disertai hujan deras yang menerjang rumah warga, yang terjadi pada Sabtu kemarin (17/04/2021) pukul 17.30 WIB di sejumlah wilayah kota Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), mengakibatkan ratusan rumah warga rusak dan sejumlah pohon tumbang dibeberapa titik lokasi, sehingga sempat memadamkan listrik dan melumpuhkan aktivitas warga.

Bencana alam yang menimpa kota Baturaja dan sekitarnya, menimbulkan kerugian baik moril maupun materil, beberapa rumah warga juga rusak sehingga memerlukan renovasi secepatnya.

Atas peristiwa tersebut, Pemerintah provinsi Sumatera Selatan yang diwakili Kepala BPBD Provinsi Sumsel H. Irwansyah dan Kadin Sosial Provinsi Sumsel Mirwansyah yang mewakili Gubernur Sumsel H. Herman Deru dan Plh Bupati OKU H. Edward Candra, Secara langsung menyambangi warga korban bencana angin kencang, Minggu (18/04/2021).

Kehadiran Pemerintah Sumsel dan Kab OKU ke lokasi untuk menyampaikan langsung keprihatinan dan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kejadian bencana angin kencang tersebut.

Pemerintah provinsi Sumsel bersama pemkab melalui BPBD dan Kadin Sosial Pemprov Sumsel Bersama Plh Bupati OKU selain selain menyampaikan keprihatinannya dan belasungkawa juga menyalurkan bantuan korban secara Simbolis dan langsung kepada korban.

Baca Juga :  Ketua Golkar Perkenalkan YPN Sebagai Kandidat Cabup OKU 2024

Salah satunya Sidik, warga Tanjung Agung Kecamatan Baturaja Barat, yang mana rumahnya mengalami rusak berat sehingga tidak dapat ditinggali keluarganya, Plh Bupati OKU secara langsung memberikan bantuan untuk meringankan beban dan secepatnya dapat renovasi rumah.

Penyerahan bantuan secara simbolis kepada korban angin kencang di 2 kecamatan yakni Baturaja Timur dan Baturaja Barat masing-masing 6 orang perwakilan, yakni, Kecamatan Baturaja Barat, atas nama, Komaruddin (Desa Laya), Syamsul Ediyansyah (Desa Laya), Hendri kelurahan (Tanjung Agung), Ali Hartono (Tanjung Agung), Reza Kurniawan (Tanjung Agung), dan Erfan Noor (Tanjung Agung).

Sedangkan untuk kecamatan Baturaja timur, penerima simbolis atas nama, Nurhidayat RT 17 RW 05 Kelurahan Pasar Baru, Ibu Kamisah RT 17 RW 05 Kelurahan Pasar Baru, Ibu Sritono RT 17 RW 05 Kelurahan Pasar Baru, Ersad Nur RT 17 RW 05 Kelurahan Pasar Baru, Ibu Rusmi RT 17 RW 05 Kelurahan Pasar Baru dan M. Husin RT. 05 RW. 02 Kelurahan Kemalaraja.

Baca Juga :  Keseruan Gerakan Pemuda Cinta Masjid Relawan YPN Bagikan Takjil Dan Sembako Jelang Buka Puasa

Sementara bantuan kepada korban terdampak bencana lainnya akan didistribusikan melalui camat, lurah dan kades masing-masing.

Kegiatan ini, selain dihadiri oleh Gubernur Sumsel yang di Wakili oleh Kepala BPBD Prov Sumsel Irwansyah, Kepala Dinas Sosial Prov Sumsel, Plh Bupati Oku, Kapolres Oku, Dandim 0403 OKU, Camat Baturaja Barat, Para Donatur, PT. Semen Baturaja, Bank Sumsel Babel, Bank Sumsel Syariah, Bank BRI dan Bank BPR, serta Lurah dan Kades serta Undangan Lainnya.

Dalam kesempatan ini, Kepala BPBD Prov Sumsel H Irwansyah menyampaikan kepada Masyarakat Kabupaten OKU yang terkena musibah agar dapat menjadi kewaspadaan Bersama, mengingat cuaca saat ini diluar kebiasaan, dikarenakan hujan dan angin yang cukup deras dampak dari perubahan iklim yang mengakibatkan potensi angin kencang, banjir dan tanah longsor.

Baca Juga :  Ketua DPRD OKU.Ir.H.Marjito Bachri Menghadiri Pembukaan Dan Pelepasan Off Roader Peserta Event JAWARA#2

“Kehadiran pemerintah Provinsi Sumatera Selatan datang kesini sebagai wujud perhatian pemerintah daerah dan instansi untuk memenuhi kebutuhan kepada warga yang terkena musibah,” kata Irwansyah.

Sementara itu, Plh Bupati OKU H. Edward Candra secara pribadi menyampaikan keprihatinan dan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kejadian bencana angin kencang tersebut.

“Kami mengimbau semua warga untuk selalu waspada terhadap semua kemungkinan bencana – bencana alam yang tidak dapat diprediksi, serta menerima ujian ini dengan penuh kesabaran dan ke tawakalan,” ucap Edward.

Sidik salah satu warga korban penerima bantuan seusai dikunjungi rombongan pemerintah provinsi Sumsel dan Pemkab OKU mengucapkan rasa terima kasih nya atas keperdulian dan bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah terhadap dirinya dan warga yang lainnya.

“Terima kasih kepada pemerintah provinsi dan kabupaten yang sudah perduli sama kami,ini sangat membantu meringankan beban kami.” Pungkasnya (Nur).

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.