Menghadiri Rapat Sosialisasi Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan OKUS Pelaksanaan Verifikasi.

oleh -598 Dilihat

Muaradua,sigap86.com- Menghadiri Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Setda OKU Selatan Amroelian Thoni, S.STP., memimpin rapat Sosialisasi Pelaksanaan Verifikasi dan Rekomendasi Konsumen Pengurus Jenis Bahan Bakar Tertentu, di Ruang Abdi Praja Pemkab OKU Selatan, Selasa (28/11/2023).

Hadir pada rapat ini Kadin KUKMPP, Kadinkes, Kadin Pertanian, Kadin Perikanan, Kadin Damkar, Kadis hub, Kadinsos, Direktur RSUD, Kabag Ekonomi, Para Camat, Pemilik SPBU di Kabupaten OKU Selatan.

Melalui rapat sosialisasi ini diharapkan poin-poin penting yang ada dalam sosialisasi program ini dapat dilaksanakan dan disampaikan kepada Masyarakat ataupun pemilik usaha yang ada di sekitar wilayah masing-masing.

Ditambahkan Kabag Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten OKU Selatan, Permiadi Haikal, S.Sos., M.M., bahwa Sosialisasi Pelaksanaan Verifikasi dan Rekomendasi Konsumen Pengurus Jenis Bahan Bakar Tertentu ini mengundang beberapa OPD maupun Para Camat untuk mendapatkan petunjuk teknis terhadap penertiban surat rekomendasi untuk pembelian BBM tertentu atau jenis BBM khusus penugasan dalam penerbitan surat rekomendasi.

Baca Juga :  KPK Tetapkan Bupati Meranti dan Ketua Tim BPK Riau Sebagai Tersangka Korupsi

Pengaturan serta pengawasan penyediaan dan pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi terus dilakukan oleh Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) guna mewujudkan penya luran yang tepat sasaran dan tepat volume sesuai peruntukannya. Salah satunya dengan pengaturan penerbitan Surat Rekomendasi untuk pembelian Jenis BBM Tertentu (JBT) solar dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) pertalite dalam volume dan periode tertentu kepada konsumen pengguna.

Peraturan BPH Migas Nomor 2 Tahun 2023 memberikan pemahaman secara detail terkait tahapan dan mekanisme penerbitan surat rekomendasi untuk JBT Solar dan JBKP Pertalite bagi konsumen pengguna, khususnya non transportasi, seperti pengusaha kecil sektor Pertanian, Perkebunan, Perikanan, IKM dan UKM.

Ia juga mengimbau agar aturan ini dapat ditegakan bersama dengan dukungan semua pihak. “Ke depan nya koordinasi dan komunikasi yang lebih intens harus dijalankan dengan kolaborasi Badan Pengatur, Badan Usaha Penugasan dan Pemerintah Daerah, agar penerbitan surat rekomendasi bisa tepat sasaran dan tepat volume,” ucapnya.

Baca Juga :  Kegiatan Talk Show Polsek Sosoh Buay Rayap Di Radio Sukses FM Baturaja

Abdul Malik, Sales Meneger Reguler OKU Raya dalam pemaparan mengatakan tujuan diadakannya sosialisasi ini yaitu memberikan petunjuk teknis penerbitan Surat Rekomendasi untuk pembelian Jenis BBM Tertentu atau Jenis BBM Khusus Penugasan, menjamin tertib pelaksanaan penerbitan, pelaporan, monitoring dan evaluasi Surat Rekomendasi untuk pembelian Jenis BBM Tertentu atau Jenis BBM Khusus Penugasan; dan mewujudkan penyediaan dan pendistribusian Jenis BBM Tertentu dan Jenis BBM Khusus Penugasan yang tepat sasaran dan tepat volume.

Kemudian dilanjutkan penerbitan surat rekomendasi dan pedoman teknis perhitungan estimasi kebutu han JBT (minyak solar) dan JBKP (pertalite). Prosedur penerbitan surat rekomendasi dilakukan dengan permohonan terlebih dahulu dari konsumen. Kemudian dilakukan evaluasi, verifikasi kelengka pan dan kesesuaian data atau informasi. Penerbit surat rekomendasi melakukan koordinasi dengan pihak SPBU. Kemudian dilakukan evaluasi kebutuhan JBT (minyak solar) dan JBKP (pertalite). Kemudian dilakukan penerbitan surat rekomendasi secara teknologi informasi.

Baca Juga : 

Proses permohonan surat rekomendasi memiliki dua persyaratan yaitu persyaratan umum dan persya ratan khusus. Persyaratan umum berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Induk Berusaha atau kartu usaha sejenis yang diterbitkan oleh Pemerintah atau surat keterangan usaha atau surat ketera ngan yang diterbitkan oleh kepala Perangkat Daerah yang membidangi atau camat, lurah/kepala desa atau yang disebut dengan nama lain. Sedangkan persyaratan khusus yaitu surat keterangan/dokumen spesifikasi alat/mesin yang digunakan minimal memuat informasi daya alat/mesin dan Kartu KUSUKA (untuk daerah yang sudah terimplementasikan).

Abdul Malik berharap agar hal ini tidak disalahgunakan dan tidak dijual belikan atara pihak SPBU dan oknum tertentu yang akan merugikan negara. (Hamid)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.