Ketua RT dan RW Dari Kecamatan Baturaja Timur Dan Baturaja Barat Silaturahmi Dengan PJ Bupati Oku.

oleh -981 Dilihat

Baturaja, Sigap86.com.

Terkait kesepakatan mengenai kenaikan honor ketua RT dan RW di wilayah Kelurahan di dua Kecamatan yang wilayahnya sudah merupakan Kelurahan, yaitu Kec. Baturaja Timur dan Baturaja Barat, yang beberapa waktu lalu kenaikan honor tersebut sudah di setujui dan di sahkan oleh DPRD Kab. OKU, dengan besaran sesuai hasil rapat bersama di setujui sebesar Rp. 1.500.000 per bulan yang pembayarannya secara triwulan, namun hingga saat ini belum bisa di penuhi oleh Pemkab OKU di karenakan kondisi keuangan Pemkab OKU yang sedang sakit parah.

Pada pertemuan sore hari ini Kamis ( 30-03-2023 ) yang bertempat di Rumah Dinas Bupati, sekitar pukul 14.00 WIB.
Dalam pertemuan ini PJ Bupati, H. Teddy Meilwansyah, S.STP, M.Pd, MM menyampaikan sambutan hangat kepada seluruh perwakilan RT dan RW, sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan para ketua RT dan RW.
PJ Bupati menyampaikan, bahwa beliau juga mendukung kenaikan honor RT dan RW yang telah di sepakati oleh DPRD OKU beberapa waktu yang lalu,
selama itu untuk kebaikan dan kemajuan RT dan RW.
Namun dalam hal ini Kab. OKU sedang mengalami kendala mengenai keuangan daerah yang saat ini sedang minim.
PJ Bupati mengatakan bahwa sudah berupaya maksimal untuk mengakomodir kenaikan honor RT dan RW, sudah melakukan berbagai upaya bahkan sudah berusaha maksimal mengkalkulasi ketersediaan dana namun Pemda memang saat ini sedang tidak mempunyai dana dan juga belum ada sumber dana lain untuk menutupi kenaikan honor tersebut.
Pemda OKU sedang kesulitan dana dan tidak memiliki dana yang cukup, sedangkan kewajiban terhadap pihak ke tiga yang harus di penuhi masih banyak sekali.
Untuk itu PJ Bupati meminta pengertian kepada seluruh RT dan RW Kelurahan se-Kec. Baturaja Timur dan Baturaja Barat, agar kira dapat memaklumi kondisi keuangan Pemda saat ini.
Untuk itu PJ Bupati mengharap kesabaran seluruh ketua RT dan RW dan menunggu waktu yang tepat untuk kenaikan honor tersebut.
Masih banyak waktu yang lain untuk melaksanakan kenaikan honor tersebut.

Baca Juga :  Polres OKU Polda Sumsel Gelar Shalat Idul Adha 1444 Hijriah Di Masjid An-Nafi'I Polres OKU

Di kesempatan berikutnya, Kepala BPKAD Hanafi menyampaikan bahwa kondisi keuangan Pemda saat ini sangat tidak memungkinkan untuk menaikkan honor RT dan RW.
Untuk saat ini honor RT dan RW tetap akan di bayar sebesar honor yang lama, yaitu sebesar Rp. 750.000 dan akan di bayar untuk triwulan, terhitung sejak bulan Januari hingga Maret 2023 yang insyaa Allah akan di bayar sebelum hari raya idhul fitri.
Kepala BPKAD juga menjelaskan bahwa kondisi keuangan atau anggaran Kab. OKU sejak 2021 dalam keadaan sangat sakit, di mana hutang yang harus di bayar 100 M lebih.
Sehingga dengan kondisi seperti ini, Pemkab OKU mengalami tsunami keuangan.
Pemkab OKU dalam kondisi bangkrut kata beliau.

Baca Juga :  YPN,Yudi Purna Nugraha SH,Wakil Ketua 1 DPRD OKU Melalui Relawannya Cepat Tanggap Dalam Bertindak

Pertemuan sore hari ini di sambut dan di terima langsung oleh PJ Bupati, H. Teddy Meilwansyah, S. STP M. Pd. MM.
Turut hadir di pertemuan ini, Kepala BPKAD Pemkab OKU Hanafi, PJ Sekda OKU Darmawan Irianto, S. Sos. Camat Baturaja Timur Ogan Amri, Kepala PMD OKU Ahmad Firdaus, Kabag Humas dan Protokol Pemkab OKU Febriandi, Staf Khusus PJ Bupati OKU MH. Nazier P dan Bowo Sunarso, SE.

Dalam pertemuan ini juga berlangsung dialog dan penyampaian pendapat serta keluhan dari beberapa perwakilan RT dan RW Kelurahan.
Setelah melalui dialog dan pembicaraan dari hati ke hati antara perwakilan RT dan RW dengan PJ Bupati OKU dan Kepala BPKAD, dengan mempertimbangkan kondisi keuangan Pemkab OKU yang sedang terpuruk hingga saat ini, maka perwakilan ketua RT dan RW kelurahan se-Kec. Baturaja Timur dan Baturaja Barat, ahirnya sepakat bahwa honor RT dan RW Kelurahan masih tetap sebesar Rp. 750.000 dan belum di naikan hingga waktu yang tidak di tentukan.
Para perwakian RT dan RW berharap agar dari pihak Pemkab OKU ataupun pihak yang berkompeten untuk segera menerbitkan surat edaran yang menyatakan bahwa honor RT dan RW kelurahan belum di naikkan dan masih tetap di berlakukan SK honor yang lama. ( JM )

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.