Ingat! Perusahaan Wajib Bayarkan THR Karyawan, Jika Tidak ini Sanksinya.

oleh -1142 Dilihat

Kepala Bidang Hubungan Industri Disnaker OKU, Irvan Saputra

Baturaja,sigap86.com- 7 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri 1444 H, bagi pelaku usaha dan pemerintahan diharapkan untuk mengeluarkan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawan dan karyawatinya.

Ketentuan yang sudah diatur dalam surat edaran Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Menaker RI) itu, disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial (HI) Disnaker Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Irvan Saputra di ruangan kerjanya, Kamis (06/04/23).

“Ketentuannya, apabila pekerja telah bekerja selama 1 Tahun atau lebih, diwajibkan menerima THR sebesar 1 Bulan upah pekerja, jika pekerjanya belum mencapai masa kerja selama 1 Tahun makan pekerja harus dibayar secara profesional. Hal itu diatur dalam PP 36 Tahun 2021 tentang pengupahan,” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Bekasi Meninggal Dunia Positif Covid-19

Jika telat atau tidak dibayarkan THR, sambungnya, baik pelaku usaha maupun pemerintah akan dikenakan sanksi adminitrasi.

“Bedasarkan pendataan yang kami dapatkan dari pengawas di wilayah OKU, kurang lebih hampir 200 perusahaan. Sementara untuk perusahaan kecil di wilayah Kabupaten OKU sekitar 100 perusahaan,” bebernya.

Lebih lanjut ia mengatakan, mengacu pada Permendagri Ketenagakerjaan RI dengan surat edaran yang berlaku, kepada pelaku usaha tidak ada kebijakan atau keringanan untuk tidak membayar THR kepada pekerja.

Baca Juga :  WARGA TANGKAP PEMBEGAL PAYUDARA

“Kalau masih pandemi Covid-19 kemarin pelaku usaha membayarkan THR dengan cara menyicil. Nah kalu sekarang kebijakan seperti itu sudah tidak ada lagi,” pungkasnya. (Banyak)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.