Gubernur Minta PWI Perkuat Perlindungan Hukum Bagi Jurnalis

oleh -1099 Dilihat

 

Banyuasin, sigap86.com-
Gubernur Sumsel H. Herman Deru minta Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat dan daerah menguatkan perlindungan hukum bagi jurnalis saat menjalankan tugasnya.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Sumatera Selatan saat memberikan kata sambutannya dalam acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) PWI Ke 75 dan Hari Pers Nasional Ke XLVII serta Pekan Olah Raga Daerah (Porwada) Tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di Gedung Serba Guna Setudung Sedulang Komplek Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Kamis siang (25/06/2021).

” Penguatan perlindungan hukum bagi para jurnalis ini sangat penting agar mereka tenang dalam menjalankan profesi mereka,” ujar Herman Deru selaku Gubernur Sumsel menyampaikan Pemerintah Provinsi Sumsel sangat peduli dan memberikan perhatian lebih pada seluruh insan Pers di Sumsel.

Baca Juga :  WABAH DEMAM BERDARAH MULAI MEYERANG WARGA OKU

Dengan adannya penguatan perlindungan hukum bagi segenap para jurnalis maka diharap dalam menjalankan tugasnya para jurnalis dapat menghasilkan dan menyampaikan informasi berkualitas, benar dan terhindar dari Undang-Undang (UU) ITE dan terhindar dari pelanggaran kebebasan berpendapat.

” Saat ini profesi jurnalis (wartawan) memiliki tantangan lebih besar, sebab di era digital yang berkembang pesat, semua orang bisa jadi jurnalis.

Untuk meningkatkan kemampuan jurnalis dan wawasan para jurnalis maka diminta agar PWI Sumsel meningkatkan uji kompetensi wartawan (UKW) sebagai syarat dan tolok ukur dalam menjalankan profesi mereka,” imbau Gubernur Sumsel Herman Deru.

Baca Juga :  Satresnarkoba Polres OKU Ungkap Kasus Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika

Dengan begitu, lanjut Herman Deru, maka diharap para jurnalis makin berintegritas membangun bangsa. Sebagai salah satu pilar demokrasi, Herman Deru juga minta agar Pers ataupun jurnalis tetap independen dalam memberikan sumbangsih lebih nyata untuk pembangunan negara, khususnya untuk Sumatera Selatan dengan perbuatan yang nyata.

” Wartawan adalah mitra pemerintah dengan kontribusi yang sangat besar dalam perjuangan kemerdekaan dan pembangunan saat ini. Tanpa komunikasi dan informasi yang disampaikan oleh jurnalis maka masyarakat tidak akan banyak mengetahui peristiwa yang terjadi maupun program-program pembangunan apa saja yang telah dilakukan pemerintah,” tutup Gubernur Herman Deru.

Dalam acara dengan mengambil Tema ” Memperkuat Peran dan Sinergitas Pers Menuju Banyuasin Bangkit dan Sumsel Maju,” itu, tampak hadir Ketua Umum PWI Pusat Atal Depari, Wakil Ketua Dewan Pers, Ketua DPRD Sumsel, Bupati Banyuasin, Bupati Musi Rawas, Forkopimda Banyuasin dan OPD Pemprov Sumsel, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Priyatno Darmadi, S.Sos, MSi dan Kabag Prokopim Setda Kabupaten OKU Feri Iswan, AP, M.PA Mewakili Plh.Buapati OKU Drs.H.Edward Candra, MH, Pengurus PWI Sumsel, Moderator Seminar Icuk. Sakir yang juga adalah Pemimpin Redaksi Arung serta Pengurus PWI Kabupaten/Kota se-Sumsel serta Para Undangan lainnya.(red).

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.