Diusia Yang Masih Muda, YPN Berhasil Menjelma Menjadi “Bapak Asuh” FKBPD OKU

oleh -1144 Dilihat

BATURAJA , SIGAP86.COM – Dalam peringatan HUT ke-3 Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (FKBPD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Yudi Purna Nugraha (YPN) muncul sebagai figur yang mengemban peran penting sebagai Ketua Dewan Penasehat FKBPD OKU. Meski usianya masih muda, YPN berhasil menjelma menjadi “Bapak Asuh” bagi forum tersebut.

Acara peringatan HUT FKBPD OKU yang berlangsung di The Zuri Hotel pada Sabtu (9/9/23) menjadi momen di mana Yudi Purna Nugraha menyampaikan petuah bijaknya kepada anggota BPD. Pesannya sangat jelas, yaitu agar mereka memahami sepenuhnya tugas pokok dan fungsi sebagai lembaga pengawas pemerintahan tingkat desa.

Kedatangan Yudi Purna Nugraha SH beserta rombongan di the Zuri hotel

 

Yudi mengingatkan bahwa eksistensi BPD bukan hanya sekadar formalitas atau tekanan jabatan semata. Lembaga ini memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga demokrasi di tingkat desa.

Baca Juga :  3 ( Tiga ) Pelaku Pencuri Dirumah Mantan Pejabat OKU Terungkapkan

Dia mengungkapkan sejarah lembaga permusyawaratan di desa yang dulunya dipimpin oleh kepala desa, yang pada dasarnya tidak sesuai dengan prinsip demokrasi. Oleh karena itu, dengan berkembangnya demokrasi pasca-reformasi, BPD muncul sebagai cabang kekuasaan dan pengawasan yang independen.

Yudi Purna Nugraha SH Dalam Menyampaikan petuah nya

Yudi Purna Nugraha menekankan bahwa anggota BPD harus memahami tugas dan tanggung jawab mereka dengan baik. Keberhasilan lembaga ini terletak pada pemahaman anggota BPD terhadap batas-batas tugas mereka, yang tidak boleh dijadikan alat untuk kepentingan pribadi.

Lahirnya Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (FKBPD) juga dinilai sebagai langkah yang sangat positif. Forum ini memberikan wadah bagi anggota BPD untuk bertukar informasi, berbagi pengetahuan, dan berdiskusi mengenai masalah-masalah pemerintahan desa, sehingga meningkatkan kapabilitas mereka.

Baca Juga :  Banjir Besar Melanda Kelurahan Sekarjaya Kecamatan Baturaja timur OKU Sumsel

Yudi Purna Nugraha juga mengingatkan bahwa konflik atau perbedaan pendapat dengan pemerintah desa adalah hal yang wajar dalam sebuah sistem demokrasi. Namun, penting bagi BPD dan Kepala Desa untuk menjalankan peran mereka dengan baik dan saling mendukung.

Selain itu, Yudi menggarisbawahi bahwa BPD harus selalu memprioritaskan kepentingan masyarakat desa dan menghindari penilaian subjektif terhadap Kepala Desa. Mereka harus berusaha menyelesaikan masalah di tingkat desa dengan duduk bersama demi kebaikan masyarakat.

Terakhir, Yudi Purna Nugraha mengucapkan selamat ulang tahun yang ketiga untuk FKBPD OKU dan berharap agar lembaga ini terus kompak, jaya, dan sejahtera dalam melayani masyarakat serta Kabupaten OKU. Semoga Allah memberikan yang terbaik bagi semua.

Baca Juga :  Sempat Buron Kini Pelaku Tindak Pidana Pencurian Buah Sawit Berhasil Diamankan Di Polres OKU

Pada acara HUT ke-3 FKBPD OKU, pemotongan tumpeng menjadi tanda peringatan yang meriah, dihadiri oleh ratusan anggota BPD se-Kabupaten OKU. Tidak hanya itu, beberapa anggota DPRD OKU juga turut hadir seperti Mirza Gumay, Ledi Patra, Erlan Abidin, dan Adip Kailani.

Acara ini juga dihadiri oleh Asisten I bidang Pemerintahan dan Desa Setda OKU, Indra Siswanto, yang mewakili Pj Bupati OKU. Hadir pula Kepala Dinas Kominfo OKU, Priyatno Darmadi, Kepala Dinas PMD OKU, Nanang Nurzaman, Ketua Forum Kades OKU Plando, dan Plt Asisten II Setda PALI Reza Pahlevi. Semuanya bersatu dalam semangat memajukan Kabupaten OKU. (Jim)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.