Dewan Protes ke Pj Bupati OKU; Gaji RT/RW Kenapa Belum di Bayar

oleh -618 Dilihat

 

BATURAJA, SIGAP86.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengungkapkan keprihatinan mereka terkait penundaan pembayaran kenaikan gaji Ketua RT/RW di Kecamatan Baturaja Timur dan Kecamatan Baturaja Barat. Protes ini diajukan oleh Erlan Abidin dari fraksi PAN-PKPI dalam rapat paripurna pada Kamis (14/9/23), sebagai respons terhadap belum dilaksanakannya kesepakatan sebelumnya.

 

Erlan Abidin, anggota DPRD fraksi PAN-PKPI, mengekspresikan keheranannya terhadap kebijakan Pemkab yang belum melaksanakan kenaikan insentif RT/RW, meskipun sudah ada persetujuan dan alokasi anggaran sebesar Rp3,8 miliar dalam APBD induk 2023. Kritik tersebut muncul dalam konteks pembahasan APBD Perubahan di bulan September ini, tanpa adanya langkah konkret dalam melaksanakan kesepakatan tersebut.

Baca Juga :  Puluhan Hektar Kebun Warga Terbakar, Kepala Desa Terjun ke Lokasi Bersama Warga Padamkan Api

 

“Anggaran masih tersedia hingga saat ini tanpa perubahan atau pergeseran. Mengapa pembayaran belum dilakukan?,” tanya Erlan dalam interupsinya. Dia juga mengungkapkan keprihatinannya karena dalam APBD Perubahan ini, ada usulan peningkatan belanja baru senilai Rp 37.846.474.988, sementara kenaikan gaji RT/RW masih terlambat.

 

Sebagai catatan, DPRD OKU tahun sebelumnya secara bulat telah menyetujui kenaikan insentif bulanan untuk ketua RT dan RW, dari Rp750 per bulan menjadi Rp1,5 juta per bulan. Selain itu, Kecamatan Baturaja Timur dan Baturaja Barat telah diminta untuk mengajukan permohonan anggaran kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) agar kenaikan insentif tersebut dapat direalisasikan pada tahun 2023.

Baca Juga :  Polres OKU Gelar Simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota Menjelang Pemilu 2024

 

Dalam menanggapi protes ini, Pj Bupati Teddy Meilwansyah berencana untuk menggelar rapat bersama Sekda, Camat Baturaja Timur, Camat Baturaja Barat, dan Dinas PMD usai rapat paripurna. Keputusan selanjutnya akan diambil setelah rapat tersebut dan akan dibawa ke perhatian Komisi I DPRD OKU.( * )

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.