Bupati OKU Selatan Popo Ali Mengajak Masyarakat Lebih Peka Terhadap Lingkungan

oleh -1261 Dilihat

Muaradua, Sigap86.com- Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Popo Ali Martopo, B.Com., mengajak masyarakat di Bumi Serasan Seandanan lebih pandai memilah sampah. Bahkan, ia juga menginstruksikan agar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar dapat mengedukasi masyarakat dalam mengelola sampah.

“Marilah kita berikan edukasi kepada masyarakat bagaimana cara mengelola sampah, karena sampah tidak serta merta menjadi sebuah atau seonggok barang yang tidak benar akan tetapi bila kita bisa mengelola dengan baik tentunya bisa menjadi nilal ekonomis tersendiri,” kata Bupati Popo saat meresmikan TPA Pelawi, Kamis (11/02/2021).

Dia mencontohkan, sampah sisa bahan organik seperti kompos atau bokashi, sampah plastik bisa dipilah menjadi bahan daur ulang. Dengan demikian, jumlah sampah yang terbuang dapat berkurang.

Dikatakan Bupati Popo, masalah sampah ini bukanlah masalah baru dan bukan hanya terjadi di Kabupaten OKU Selatan tapi menjadi masalah global. Untuk itu, menurutnya, penanganan pengelolaan sampah akhir merupkan salah satu penanganan dalam proses pengendalian sampah ke lingkungan.

Baca Juga :  Caleg Muda Dari Partai PPP Dapil 3 No Urut 4, Melia Sari Adakan Sosialisasi Ke Masyarakat Desa Banuayu Dalam rangka Bentuk Silaturahmi Dan Memperkenalkan Diri

“Ini sesuai yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 97 Tahun 2017 tentang kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga. Dengan adanya strategi nasional tersebut saya harapkan pemerintah dari tingkat kecamatan sampai dengan tingkat desa marilah kita sama-sama menciptakan perilaku bersih dan sehat dalam penanganan sampah,” jelasnya.

Seiring bertambahnya populasi masyarakat, makin banyak pula prduksi sampah rumah tangga yang dihasilkan. Apalagi, hingga kini masih ada saja oknum yang tidak peduli dengan masalah kebersihan ini.

Baca Juga :  Pemerintah OKU Selatan Rapat Bersama Kementerian PUPR Dirjen SDA BBWSS VIII Terkait Pembangunan Bendungan Tiga Dihaji

Ketidakpedulian ini dikhawatirkan akan membuat sampah kian menumpuk dan menyebabkan bencana. “Dengan demikian tentunya saya mengharapakan kepada dinas lingkungan hidup selaku penanggungjawab pengelolaan sampah di kabupaten oku selatan dan semua opd terkait agar kiranya mencari terobosan agar penanganan sampah ini dapat memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat dan daerah untuk menuju OKU Selatan bersih, OKU Selatan sehat, OKU Selatan bersinar,” tegasnya.

Apalagi, kini TPA Pelawi telah diresmikan setelah melalui proses panjang yang diawali pada tahun anggaran 2016. Untuk itu, Bupati Popo berpesan agar penanggungjawab pengelolaan dalam hal ini pihak DLH dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh integritas untuk menyelesaikan masalah persampahan ini .”tutupnya(nur).

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.