Bronjong di Oku ambruk hampir membahayakan rumah warga

oleh -522 Dilihat

LONGSOR : Bronjong di pinggiran Sungai Ogan, Desa Kedondong, Kecamatan Peninjauan, OKU longsor dan nyaris merobohkan rumah warga

 

BATURAJA, SIGAP86.COM-Bronjong terdapat di pingiran Sungai Ogan, Desa Kedondong, Kecamatan Peninjauan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), longsor pada Senin (6/11) sore. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Bronjong yang longsor nyaris menyeret lima rumah warga yang berada di sekitar lokasi. Bronjong yang longsor diketahui berada di belakang lima rumah warga, termasuk rumah ketua RT dan kades setempat.

Baca Juga :  Pungut Rp. 100 Ribu Dari Wali Murid, APH Wajib Periksa Dana Bos SDN 63 OKU

Beruntung, rumah-rumah warga yang posisinya dekat dengan bangunan bronjong yang longsor ini masih bisa diselamatkan.

Menurut informasi yang dihimpun, amblasnya bronjong tersebut disebabkan karena struktur tanah yang bergerak oleh aliran Sungai Ogan dan air pembuangan warga.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun akibat dari amblasnya bronjong tersebut hampir melongsorkan bagian belakang rumah warga,” kata Kapolsek Peninjauan, AKP Mardani

Tanah belakang rumah warga terlihat sudah tergerus dan ada yang sudah bergerongga dan harus segera diantisipasi agar tidak ikut longsor.

Baca Juga :  Caleg DPRD Kab Oku,Dari partai PPP dapil 3 , Nomor Urut 4 Melia Sari Kunjungi Warga Lekis Yang Sedang Sakit

Bangunan rumah warga yang terdampak ini posisinya sudah sangat mengkhawatirkan dan tidak nyaman lagi untuk ditempati, apalagi sudah memasuki musim hujan.

Mardani mengatakan, apabila hujan dan debit air Sungai Ogan naik dalam beberapa hari ke depan, tidak menutup kemungkinan akan terjadi longsor susulan di lokasi tersebut. Mengingat tekstur tanah yang lembut dan sudah retak.

Untuk diketahui, di lokasi tersebut, sebelum dipasang bronjong, memang merupakan tanah rawan longsor dan sudah pernah longsor.

Baca Juga :  Kegiatan Musrenbang, Camat Sosoh Buay Rayap Keluhkan Listrik Sering Padam

Pemerintah setempat juga akan segera melakukan penanganan terhadap bronjong yang longsor tersebut agar tidak terjadi longsor susulan.*(rians)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.