Atas Kehawatiran Warga nya Lurah Sekarjaya Langsung Sidak Ke Lokasi

oleh -1104 Dilihat

Baturaja OKU, sigap86.com – Warga kelurahan Sekarjaya, Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), terus merasa khawatir dengan rencana pembangunan perumahan di sekitar wilayah RT 08 RW 03 kelurahan sekarjaya Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu ( OKU) yang belum jelas pemiliknya (developer) hingga saat ini (06/09/2023).

 

Warga RT 08 RW 03 kelurahan Sekarjaya, Baturaja Timur, OKU, merasa cemas menghadapi musim hujan yang akan datang, karena mereka belum mengetahui nama atau pemilik pasti perumahan tersebut. Status pemilik atau developer belum juga diketahui oleh pemerintah RT 08.

 

Ketua RT 08, Yunzar Nenewa SE mengatakan, “Kami mendukung rencana pembangunan perumahan di sekitar RT 08 ini, namun kami harapkan untuk mempertimbangkan dampaknya. Khawatir bahwa saat musim hujan, banjir akan terjadi dan air danau akan tercemar. Meskipun danau ini bukan milik umum, airnya masih digunakan oleh masyarakat setempat untuk keperluan sehari-hari.”

Baca Juga :  Sungai Kurup Menelan Korban

 

Pak RT 08 juga menambahkan, “Mulai dari penggusuran lahan hingga saat ini tanggal 6 /09/ 2023, pihak developer belum pernah bertemu dengan saya. Kami warga di sini belum mengetahui siapa pemilik atau developernya. Jangan hanya kami di RT dan RW, bahkan pak lurah Sekarjaya sendiri belum memberi izin. Kami juga belum tahu siapa pemilik atau developernya.”

 

Warga RT 08 RW 03 kelurahan Sekarjaya, Baturaja Timur, OKU, mengkhawatirkan pembangunan perumahan yang berada di ketinggian dari permukaan danau. Mereka takut bahwa saat hujan turun, air akan meluap ke danau yang terletak di RT 08.

 

Ketua RT 08 dan warga setempat berharap agar pemerintahan kabupaten OKU dapat mengatasi dan memberikan solusi, serta menghubungi pihak developer perumahan yang akan dibangun di pinggir danau di RT 08 dan 06 Sekarjaya. Mereka berharap pihak developer dapat merancang sistem drainase yang tidak merugikan warga, terutama di RT 08 Sekarjaya.

Baca Juga :  KPU Way Kanan Melaksanakan Rapat Koordinasi Internal Pemutakhiran Data Pemilih Perkelanjutan Untuk Periode Bulan Mei, di Aula Nua Demokrasi Senin,31 Mei 2021.

 

Seorang warga RS Sriwijaya yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, “Nanti saat musim hujan, danau ini pasti akan meluap, dan perumahan kita akan terkena banjir. Air danau ini akan menjadi kotor. Dahulu, saat musim hujan, rumah dan musholla kita saja terendam banjir, apalagi sekarang hutan telah dibuka seperti ini,pasti akan terjadi banjir yang lebih besar ,”ketus seorang warga RS sriwijaya.

 

Sementara itu, lurah Sekarjaya, Arnando Yogantara, MSI, menyikapi kekhawatiran warga setempat dengan mengunjungi lokasi yang disebutkan oleh mereka. Arnando mengatakan, “Kami tidak tahu nama lengkapnya, karena tidak melalui kelurahan langsung untuk izin. Tetapi saat kami cek lokasi, kami bertemu dengan pengawasnya, yang mengatakan bahwa itu dimiliki oleh Pak Made yang tinggal di Batumarta Unit 7.”

Lurah sekarjaya saat di lokasi perumahan 

 

Baca Juga :  Kegiatan Silaturahmi Kapolres OKU Dengan Pimpinan Daerah Muhammaddiyah Kab. OKU 

“Jadi, sampai saat ini saya baru menjabat kurang lebih 2 bulan, belum ada yang datang ke kelurahan, baik dalam hal administrasi maupun pertemuan tatap muka, sehingga kami belum tahu siapa developernya.”

 

“Pak RW 03 juga sudah menghubungi kelurahan dan menceritakan masalah ini karena kekhawatiran. Kemarin saya turun langsung untuk melihat pembukaan lahan. Sebagai lurah Sekarjaya, saya menyambut baik pengembangan perumahan di wilayah Sekarjaya, tetapi saya selalu menekankan agar limbah rumah tangga dan sistem drainase diperhatikan dengan baik. Kalau bisa, saya berharap bahwa sepanjang bibir danau hingga ke ujung pembuangan akan dibuat siring yang lebar agar limbah rumah tangga dan aliran air tidak langsung jatuh ke dalam danau. Namun, kami juga belum tahu seperti apa rencana pembangunan perumahan tersebut,” tutup lurah Sekarjaya. ( Jim )

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.