Ada 83 Ribu Rumah Akan Dipasang Listrik Gratis, Simak Cara Mendapatkannya

oleh -1158 Dilihat

JAKARTA, Sigap86.com- Bantuan Pasang Baru Listrik atau BPBL akan digelar tahun 2023 di seluruh Indonesia. Program BPBL ini sebelumnya telah digulirkan pada 2022 lalu.

Pada tahun itu, pemerintah menarget  80 ribu pemasangan, namun realisasinya melebihi target. Yakni mencapai 80.183 pemasangan.

Pada tahun ini, program BPBL menarget 83 ribu pemasangan baru. Melalui program ini, rumah masyarakat yang kurang mampu dapat teraliri listrik dengan kapasitas 450 Volt Ampere (va) lengkap dengan instalasinya.

Baca Juga :  Darurat,Kepala Desa Pajar Jaya Hubungi Relawan YPN

“Instalasi yang dipasang berupa pemasangan tiga titik lampu dan stop kontak, “ ujar Plt Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana.

Namun untuk mendapatkannya, ada syarat yang harus dipenuhi penerima. Yakni, data si penerima BPBL harus masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Selain itu penerima akan melalui pemeriksaan dan pengujian instalasi Sertifikat Laik Operasi atau SLO, “ katanya.

Meski pemerintah meluncurkan program bantuan pemasangan listrik, namun niat untuk menaikkan tarif listrik non subsidi masih akan dilanjutkan. Namun saat ini masih dalam tahap pertimbangan.

Baca Juga :  Ucok Hidayat Kembali Pimpin PSSI Sumsel, Langsung Fokus Piala Dunia U-20

Soal rencana kenaikan tarif listrik non subsidi ditegaskan Sekjend Kementerian ESDM Rida Mulyana. Bahwa penyesuaian tarif non subsidi harus dilakukan pertriwulan. (red).

 

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.